Sabtu, 12 Maret 2011

IKAN BATU (FISHSTONE)

image

Sebelumnya pernah ada artikel di blog ini mengenai 5 jenis ikan paling berbahaya termasuk ikan batu ini. artikel ini mencoba memberikan informasi  tentang ikan batu walupun tidak mendetail. tapi maaf kali ini belum mencantumkan taksonominya. mungkin lain waktu.

Ikan batu, Synanceia verrucosa, adalah ikan karnivora (hewan pemakan daging) yang memiliki duri-duri beracun di punggungnya, tinggal di dasar terumbu karang, berkamuflase sebagai batu. Ikan ini merupakan ikan paling beracun di dunia, sangat berbahaya bahkan bisa mematikan manusia.

image

Ikan ini memiliki panjang sekitar 30-40 cm, terdapat di sepanjang dekat pantai lautan Indo-Pacific. Jika manusia menginjak ikan batu yang mirip batu karang ini, maka tak ayal lagi kaki akan terkena sengatan dan kemasukan racun yang berasal dari duri-durinya. Kejadian sengatan racun dari ikan batu ini tidak saja terjadi di dalam air laut, namun bisa juga terjadi di pantai, karena ikan batu bisa bertahan hidup selama 24 jam di daratan. Sering kali orang tak mudah melihat ikan batu ini, karena bentuknya mirip batu atau karang (berkamuflase). Sumber: Wikipedia.

image

Sesuai namanya biasa disebut juga ikan batu yang paling suka berkamuflase didaerah batu karang, lumpur, pasir maupun patahan karang. Jika sobat hobbi jalan-jalan dipantai atau perairan laut yang dangkal, sebaiknya berhati-hati dengan ikan . Karena hampir sebagain besar siripnya memiliki racun yang kuat. 1 kelenjar racun ikan batu dapat membunuh 100 tikus. maka di anjurkan pake sepatu boat

image

Gejala dan cara mengatasi
Ikan yang menyamar dengan koral atau lingkungan sekitarnya dapat menyuntikan bisa melalui tulang belakangnya yang keras sehingga menembus kulit korban.
Gejalanya merupakan rasa nyeri yang hebat dengan adanya peradangan pada jaringan yang berdekatan, dan kadang kadang bisa terjadi gejala yang lebih hebat berupa shock, gangguan pernafasan, dan koma.

Pengobatan:
Semua sengatan ikan /hewan laut harus diperlakukan sama, yakni memasang ligatur lebar dan rasa sakit dikurangi dengan menyuntikan anestetikum lokal pada kulit di sekitar luka. Bila tidak ada, rendamlah anggota tubuh yang terluka dengan air panas ( 45 C ) selama 30 menit untuk mengurangi rasa sakit dan meringankan gejala dengan menghancurkan racun.

0 komentar:

Posting Komentar