Selasa, 04 Januari 2011

Ikan Turkish (Garra Rufa)

 

gara rufa

Kingdom :  Animalia
Filum :  Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo : Cypriniformes
Famili Cyprinidae
Genus :  Garra
Species Garra rufa.(Heckel, 1843)

Garra rufa adalah nama yang diberikan untuk dua jenis ikan, yaitu Garra rufa dan Cyprinion macrostomus. Ikan ini mendapat julukan lain, yaitu ikan penggigit, ikan Kangal, dermatologis kecil dan ikan dokter; dalam konteks non-medis, Garra rufa disebut pengisap kulit kemerahan. Ikan ini hidup dan berkembang biak di beberapa kolam spa di Turki, dimana mereka makan kulit pasien dengan psoriasis.

Garra rufa telah dikenal ratusan tahun oleh masyarakat Turki sebagai ikan yang dapat mengobati penyakit kulit yang hidup di sumber air hangat daerah Kangal.Sumber air hangat Kangal pertama kali diketahui pada tahun 1800, saat seorang pengembala yang terluka kakinya sering berendam di kolam air hangat itu dan ternyata lukanya berangsur sembuh.

Doctor fish2.jpg

Ikan kecil bisa bertahan hidup di perairan sepanas 43 derajat Celcius Ajaibnya Ikan tidak diberi makan, jadi ketika pasien mencelupkan anggota tubuh mereka yang sakit ke dalam air, mereka bertindak seperti sekelompok piranha lembut, menggigit dengan mulut bergetah. Di tempat asalnya Garra Rufa dikenal dengan nama Doctor Fish atau Lick Fish, Ikan kuning sepanjang 15-20 sentimeter ini ikut membantu penyembuhan berbagai penyakit kulit kronis, Garra Rufa akan memakan lapisan luar yang menutupi penyakit kulit tersebut. Dengan demikian, kandungan mineral dari sumber air panas Kangal lebih mudah diserap kulit yang terinfeksi.

bahkan di  RRC dan singapura ada "Fish Spa" . Spa yang dilakukan ini dilakukan dengan bantuan ikanTurkish Garra Rufa. Prosesnya, Anda masuk ke dalam kolam air hangat (43 derajat) yang sudah ada ikan Turkish Garra Rufa tersebut atau disebut juga Chinchin Yu, ikan-ikan ini akan memakan sel mati di tubuh manusia, saat proses tersebut tidak terasa sakit hanya agak geli-geli sedikit dan seperti disetrum, efeknya sangat bagus buat kulit.

Fish Spa 1

Terapi semacam ini lebih menyenangkan ketimbang pedikur karena ikan-ikan ini mengangkat kulit-kulit mati tanpa rasa sakit, Sementara pedikur akan mengikis kulit dengan alat yang jika dilakukan terlalu keras bisa mengikis kulit barunya hingga timbul luka.

jenis-jenis ikan turkish

turkis2

sedikitnya 8 jenis (species) ikan turkish

1. Garra Rufa
2. Garra Cambodgiensis
3. Garra Flavatra
4. Garra Ceylonensis
5. Garra Congoensis
6. Garra Gotlya
7. Garra Fuliginosa,
8. Garra Annandalei

turkish3

source:

www.id.wikipedia.org/wiki/Garra_rufa

http://beritaharianku.blogspot.com/2009/03/magic-fish-spa-reflexology-dengan-ikan.htm

www.iapw.info/home/index.php

1 komentar:

Anonim mengatakan...

gimana cara mengembang biakannya???

Posting Komentar